} h3.post-title{ text-align: center; } .post-title {text-align:center;} -->

اللّهُمَّ نَجِّ إِخْوَانَنَا الْمُؤْمِنِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِي فَلَسْطِيْنَ وَفِي كُلِّ مَكَانٍ

Risalah untuk para salafi Darul Qur'an wal Hadits di Malaysia

 رسائل إلى سلفيي دار القرآن والحديث في ماليزيا

RISALAH UNTUK PARA SALAFI DARUL QUR'AN WAL HADITS DI MALAYSIA

✍️ Abul Athoo' Ahmad Banajah حفظه الله


📜
رسائل إلى سلفيي دار القرآن والحديث في ماليزيا ممن تقحموا الفتنة الحاصلة مكرهين أو مختارين  :  
إلى أصحاب ذو الحزام أصلحه وأصلحهم الله تعالى
📜

▪️ Risalah untuk para salafi Darul Qur'an wal Hadits di Malaysia yang terjun kedalam fitnah yang terjadi baik secara sukarela atau terpaksa :
▪️ Kepada orang-orang yang mengikuti Dzul Hizam -semoga Allah تعالى memperbaiki keadaannya dan keadaan mereka.

__________________

⁉️ ألا ترون كيف أقحمكم صاحبكم في فتنة عريضة عظيمة لا ناقة لكم فيها ولا جمل?! 

▪️ Tidakkah kalian melihat bagaimana kawan kalian terjun kedalam fitnah besar yang tidak ada hubungannya dengan kalian..?!

⁉️ ألا من رجل رشيد يأخذ بيده ويقول له قال النبي صلى الله عليه وسلم ( إن السعيد لمن جنب الفتن )! 

▪️ Tidakkah ada seorang bijak yang menarik tangannya dan menyampaikan sabda Nabi  : "Sesungguhnya orang yang bahagia adalah orang yang menjauhi fitnah"

⁉️ ألا ترون أنه يطعن في أبي فيروز في مطاعن هو واقع فيها ماض وحالا ?!

▪️ Tidakkah kalian lihat bagaimana dia mencela Abu Fairuz pada kesalahan yang dia juga terjatuh padanya baik yang sudah berlalu atau sedang terjadi ?!

⁉️ ألا ترون أنه ما من حجة يتكلم بها على أبي فيروز إلا هي راجعة عليه لزاما  ?!

▪️ Tidakkah kalian melihat bahwa tidak ada hujjah yang dia sampaikan untuk Abu Fairuz kecuali hujjah itu seharusnya dikembalikan pada dirinya ?!

⁉️ ألا ترون الخلل المنهجي الذي يقع فيه صاحبكم ليلا نهارا?! 

▪️Tidakkah kalian melihat  kesalahan menhaj yang terjadi pada saudara kalian siang dan malam ?!

🏷️ فمثلا الأمر الذي يستند عليه في الطعن في أبي فيروز هو أن الشيخ يحيى لم يبدع أبا حازم وكذلك  كثير من المشايخ لا يوافقونه في تبديع أبي حازم وبالتالي إن أبا فيروز متسرع في الحكم صاحب غلو وصاحب فتن وتشتيت للدعوة ..وهذا صحيح.

▪️ Sebagai contoh; apa yang dijadikan sandaran oleh Dzul Hizam untuk mencela Abu Fairuz dia mengatakan bahwa Syaikh Yahya belum mengeluarkan vonis "bid'ah" terhadap Abu Hazim begitu juga para masyayikh mereka tidak setuju untuk membid'ahkan Abu Hazim. Sehingga Abu Fairuz terlalu tergesa-gesa didalam menghukumi, dan dia bersikap ghuluw, mencari-cari fitnah, serta memecah da'wah. Dan perkataan ini adalah benar.

📛  ولكن أتعلمون أن الحجة في مثل هذا هي عليه وليست له بدليل أنه لن يستطيع ان يؤصل ذلك تأصيلا علميا صحيحا لأن كثيرا من هؤلاء المشايخ الذي يستند عليهم ذو الحزام هم كذلك يفعلون هذا الفعل نفسه  فأبو فيروز لم يأت بجديد من حيث التأصيل..!

فهو إنما تعلم هذا الغلو من بعض هؤلاء المشايخ الذي يستند عليهم ذو الحزام ! فلم الخلط والخبط والتلبيس! 

▪️ Apakah kalian sadar bahwa sebenarnya hujjah yang dijadikan sandaran oleh Dzul Hizam lebih pantas untuk ditujukan pada dirinya sendiri, sebelum orang lain. Karena dia pun tidak bisa menjelaskan dengan penjelasan ilmiah yang benar disebabkan para masyayikh yang menjadi sandarannya melakukan perbuatan yang serupa. Sehingga Abu Fairuz dalam hal ini bukanlah orang pertama yang melakukannya..!!

Bahkan Abu Fairuz mengambil sifat ghuluw ini dari sebagian masyayikh yang dijadikan sandaran oleh Dzul Hizam !!

🏷️ فمثلا هذا جمعان لحمر وبا شعيب والسوري وعبدالحميد والحمادي وغيرهم "من المشايخ" ممن  يصفهم أبو فيروز "بشيخنا" وهم من المشايخ الذين يعتمد عليهم ذو الحزام في حجته على أبي فيروز  ( وهذا لازم عليه إذ أن بعضهم جاء اندونيسيا للصلح وهم لا يوافقون تبديع أبا حازم ) فهؤلاء يبدعون ابن حزام وغيره  قبل الشيخ يحيى وقبل كثير من المشايخ ?! والعجيب أن الشيخ يحيى الى الآن لم يبدع ابن حزام  "وآخرين مثله" ?! ومع ذلك تجدون أمثال ذو الحزام آخذ  بكلامهم في ابن حزام مثلا او في غيره  بشكل أو بآخر سواء بتحزيب أو بتركه لهم ! 

▪️ Seperti Jum'an Lahmar, Ba Syu'aib, As-Siwari, Abdul Hamid, Al-Hammadi, dan selain mereka dari para masyayikh yang digadang-gadang oleh Abu Fairuz dengan sebutan "syaikhuna" (guru kami). Disamping itu para masyayikh tersebut juga dijadikan rujukan dan sandaran oleh Dzul Hizam dalam hujjah nya yang ditujukan kepada Abu Fairuz (yang sebagian mereka pernah datang ke Indonesia untuk mencoba memperbaiki keadaan dan menyampaikan bahwa mereka tidak setuju dengan vonis bid'ah terhadap Abu Hazim). Namun disisi lain para masyayikh tersebut mengeluarkan vonis bid'ah untuk Ibnu Hizam dan selainnya sebelum Syaikh Yahya berpendapat dan sebelum para masyayikh lain berkomentar?! Dan anehnya sampai sekarang pun Syaikh Yahya tidak membid'ahkan Ibnu Hizam dan selainnya yang serupa. ?! Disaat bersamaan kalian dapati orang-orang semacam Dzul Hizam mengambil pendapat masyayikh tersebut mengenai Ibnu Hizam atau selainnya dengan vonis hizbi atau anjuran untuk meninggalkan mereka..!!!

❗️فما دام و أنه ينكر على أبي فيروز هذا الغلو وهذه المنهجية فيلزمه أن ينكر على مشيخته كذلك  ذات الشيء وإلا وجب عليه الأخذ بالجميع أو السكوت على أقل الأحوال فكلها من مشكاة واحدة ! وحجج الغلاة الواهية في كل ذلك متقاربة !

▪️ Maka jika dia mengingkari perbuatan dan cara ghuluw yang dilakukan Abu Fairuz, seharusnya dia juga mengingkari masyayikh nya dengan hal serupa, sehingga dia menerapkan kaedah secara menyeluruh, atau minimal dia diam. Sesungguhnya mereka berada dalam satu lingkaran !! Dan hujjah mereka sangat mirip !!

📍ولذا لن يجد ذو الحزام أحد من هؤلاء المشايخ الذين ذكرنا وغيرهم مثلهم ممن يستند إليهم ذو الحزام في حجته من يمنع منعا منهجيا أبا فيروز من إسباغ مثل هذه الأوصاف الخطيرة على الدعاة لأن أكثرهم واقع في هذا الغلو أصلا  والله المستعان.

▪️ Itulah mengapa Dzul Hizam tidak akan mendapati seorangpun dari para masyayikh yang kami sebutkan atau selainnya yang dijadikan sandaran olehnya di dalam hujjah (terhadap Abu Fairuz), tidak ada dari mereka yang benar-benar melarang Abu Fairuz secara manhaj untuk meninggalkan sikap yang berbahaya ini karena memang mayoritas mereka sendiri terjatuh kedalam sikap ghuluw serupa, allohul musta'an..

🏷️ فالفتنة في إندونيسيا لها أكثر من عشر سنين متوقدة لا تنطفئ رغم مجيء أكثر من عشرة مشايخ للإصلاح ! 

لماذا  ….?

 لأن عصابة الغلاة التي ينتمي إليها أبو فيروز في إندونيسيا لم ينظر إليها على أنها عصابة غلاة مفتونون مدمرون للدعوة كما هو الواقع..بل ينظر إليهم على أنهم اجتهدوا فأخطأوا فحسب!

▪️ Fitnah di Indonesia sudah terjadi lebih dari sepuluh tahun berkobar dan tidak pernah padam meskipun sudah datang lebih dari sepuluh masyayikh untuk mencoba memperbaiki keadaan !!

Kenapa ...??

Karena orang-orang yang ghuluw semisal Abu Fairuz yang berada di Indonesia, para masyayikh tidak melihat bahwa orang-orang yang ghuluw ini sudah terjatuh dalam fitnah dan memporak-porandakan dakwah sebagaimana faktanya.. Para masyayikh hanya melihat itu sebagai ijtihad dan mereka salah dalam ijtihad nya, sebatas itu..

🏷️ وسيكون نفس الشيء عندما يبدع أبو فيروز ذو الحزام ومن معه ! " قريبا" وستزيد الفرقة بينكم …

▪️ Hal serupa juga akan terjadi ketika Abu Fairuz membid'ahkan Dzul Hizam dan orang-orang yang bersamanya, sehingga perpecahan akan terus terjadi diantara mereka..

📍وهؤلاء الغلاة حجتهم على هؤلاء المشايخ أنهم مخطئون لأن أصحاب البلاد أدرى بصاحب بلدهم ! ومن يرد كلامهم اعتمادا على هؤلاء المشايخ فهو مقلد ! (وهكذا سيكون الحال مع ذو الحزام كذلك) 

وهكذا قد استمروا ويستمرون في الفتنة في إندونيسيا إلى أن يشاء الله !  

▪️ Dan orang-orang yang ghuluw; ini hujjah yang mereka sampaikan kepada para masyayikh bahwa pendapat para masyayikh tersebut salah, karena penduduk negeri lebih tau mengenai apa yang terjadi di negeri nya !! 

Dan siapa yang dengan sadar sependapat dengan para masyayikh tersebut untuk tidak membid'ahkan Abu Hazim maka dia dianggap muqollid (seorang yang fanatik) demikian pula yang akan terjadi pada kasus Dzul Hizam..

▪️ Inilah yang sudah terjadi, dan akan terus bertambah peluang fitnah yang terjadi di Indonesia sampai waktu yang Allah kehendaki..!!

📛 فأساس الخطأ ليس من أبي فيروز وأصحابه فهم جهال متعالمون ولكنه من هؤلاء المشايخ الذين لا يستطيعون تقشير العصى لأمثال هؤلاء الغلاة الذين ينتهجون نفس الأصول التي يمضي عليها كثيرا من هؤلاء المشايخ ! 

ولذا لا يوجد أحد منهم من حذر من هؤلاء الغلاة رغم الفساد العريض الذي ينتج عن هؤلاء الغلاة في الدعوة في إندونيسيا وغيرها!

▪️ Sehingga poros kesalahannya bukan terletak pada Abu Fairuz dan pengikutnya, karena mereka adalah orang jahil yang belajar. Namun poros nya ada pada para masyayikh yang tidak bisa dengan tegas menyikapi orang-orang yang ghuluw yang memegang ushul serupa dengan apa yang sudah mayoritas mereka lakukan !

▪️ Itulah sebabnya tidak ada satupun yang mencegah dan memperingatkan orang-orang ghuluw tersebut ditengah kerusakan besar yang mereka timbulkan dalam da'wah di Indonesia dan selainnya !

❗️ ومن هذه الأصول الباطلة التي يمضي عليها بعض هؤلاء المشايخ الذين يستند عليهم ذو الحزام هي  (جواز إطلاق أوصاف التحزيب والتبديع ممن يرى من نفسه أنه أهل لذلك على من يرون أنه يستحق ! )

▪️ Diantara ushul bathil yang diyakini oleh sebagian para masyayikh yang dijadikan sandaran oleh Dzul Hizam adalah "Bolehnya memutlakkan vonis hizbi atau bid'ah bagi siapa yang melihat dirinya kompeten di bidang ini !"

🏷️ طيب ! 

إذا كان الأمر كذلك فهذا أبو فيروز وصديق وغيرهم يرون من أنفسهم أنهم فائقوا الأهلية علماءا!

 وكثير من هؤلاء المشائخ الذين يستند عليهم ذو الحزام يرون أبا فيروز شيخا ! 

▪️ Baiklah !!!

Jika demikian ushul yang diyakini, maka Abu Fairuz, Shiddiq dan selainnya merasa bahwa dirinya adalah yang paling kompeten dibandingkan para ulama!

Dan banyak dari para masyayikh yang dijadikan sandaran oleh Dzul Hizam yang menganggap bahwa Abu Fairuz adalah seorang syaikh !

⁉️ فما المانع من تبديعه لأبي حازم ولك عن قريب كذلك! 

وهو يعاملك معاملة المبتدع على كل حال إذ أن القوم عندهم خلط عجيب في فهم وتطبيق  آثار السلف في معاملة المبتدعة فلا أسهل عليهم من تنزيل تلك الآثار على إخوانهم الأقرب إليهم منهجا اتباعا لهوى النفوس المغلف بطابع الدفاع عن المنهج !

فصار الأمر في مهاجمة أبي فيروز من ذو الحزام ابتداءا كالطبيب الذي يعالج العرض ويترك السبب !

فإذا اعترضت فاعترض على تلك الأصول الباطلة لأنها هي الأصل لا على أبي فيروز فقط فما هو إلا نتيجة فهذه سبيل الصدق مع الله تعالى في الدفاع عن الدعوة والسلفية. 

(وإذا اعترضت على ذلك فأبشر أنك تكون حزبيا عند هؤلاء المشايخ الذين تستند إليهم !)

▪️ Jadi apa lagi yang menghalangi anda wahai Dzul Hizam untuk membid'ahkan Abu Hazim padahal anda di kubu yang sangat dekat dengan mereka !

▪️ Dia memperlakukan anda sebagai seorang mubtadi' dalam segala hal, karena di kalangan mereka terdapat kebingungan yang luar biasa dalam memahami dan menerapkan atsar salaf dalam memperlakukan mubtadi'. Tidak ada yang lebih mudah bagi mereka daripada menggiring atsar salaf  tersebut kepada saudara-saudara mereka yang lebih dekat dengan mereka dalam manhaj, mengikuti hawa nafsu yang diliputi dengan semangat membela manhaj tersebut!

▪️ Maka cara Dzul Hizam menyerang Abu Fairuz adalah seperti seorang dokter yang menangani penyakit tanpa menghilangkan sebab nya !

Jika dia memang mengingkari, hendaknya dia mengingkari ushul bathil tersebut secara menyeluruh, karena ushul ini hakikatnya bukan hanya diterapkan oleh Abu Fairuz. Inilah yang dinamakan kejujuran terhadap Allah تعالى dalam melindungi da'wah salafiyah.

(Dan jika engkau tidak meyakini ushul ini, maka engkau juga dianggap hizbi oleh para masyayikh yang kau jadikan sandaran)

🔐  الخلاصة :

ألا ترون أنه إن كان القصد من ذو الحزام الدفاع عن المنهج السلفي من عبث الغلاة كأبي فيروز فلماذا لا يحرر  الأصول المنهجية الباطلة التي يمضي عليها أبو فيروز في دعوته على نحو واضح بين ليفقه عنه أصحابه معنى السلفية الصحيحة  !

🔐 Kesimpulannya :

Seharusnya kalian mengerti, jika memang Dzul Hizam berniat untuk melindungi manhaj salaf dari orang-orang yang ghuluw seperti Abu Fairuz maka kenapa dia tidak menekankan ushul manhajiyyah yang bathil yang dipegang oleh Abu Fairuz dalam da'wah nya secara jelas dan gamblang untuk memahamkan pengikutnya tentang makna salafiyah sebenarnya!!!

📍فإن كان عاجزا عن أن يفعل  أكثر من(حالات واتس ) فلم اقحم الأخوة  فيما لا طاقة لهم به !

 وإن كان مستطيعا لذلك فاعلموا أن ما سيؤصله هو في ذاته رد على نفسه كذلك حتى ينفك هو أصلا عن تلك الأصول الباطلة.

▪️ Jika memang tidak mampu dari sekedar memasang status WhatsApp, lalu mengapa menjerumuskan diri untuk masuk kedalam hal yang tidak dikuasai !!

Dan jika memang mampu, maka ketahuilah bahwa apa yang disampaikan sejatinya adalah bantahan yang ditujukan untuk dirinya sendiri,  sampai dia berhasil untuk terlepas dari ushul yang bathil tersebut.

أصلح الله الجميع .  

ووالله إني لأرجو للدعوة السلفية في محلكم الخير ولكني استشرف حال دعوتكم إذا استمرت على هذه الحال 

بالفرقة والضعف  والتناحر وضياع الدعوة وضعف العلم وشماتة الأعداء أسوة بمن يتناحرون هناك في إندونيسيا إلا أن تنشغلوا بالعلم والدعوة وتكفوا جميعا وصاحبكم عن تقحم الفتن  و تصلحون ما بقي والسعيد من جنب الفتن .

- semoga Allah memperbaiki semua keadaan -

Demi Allah saya benar-benar mengharapkan kebaikan da'wah salafiyah pada kalian, namun disisi lain jika demikian keadaannya maka kalian akan terus-menerus dalam perpecahan, semakin melemah, persaingan, da'wah yang sia-sia, lemahnya ilmu, permusuhan, lebih parah dari persaingan yang ada di Indonesia KECUALI jika kalian mau menyibukkan diri dengan ilmu, dan da'wah serta berhenti untuk mencari-cari fitnah dan memperbaiki keadaan, sesungguhnya orang yang bahagia adalah yang menjauhi fitnah.

📍أو ستغلب كفة الغالي أبي فيروز معتمدا فيها على أبي نعيم الذي يستطيع أن يقصي من جاء من بلد بعيد مناصرا له في الأساس يعني ذو الحزام !.. وهل هكذا يكون الوفاء ! 

 واعلموا أن هذه الحال الثانية عقباها أسوأ من الأولى بمراحل على دعوتكم التي هي في الأساس في حالة ضعيفة  لا تحسد عليها ! 

وإني لأرجو الخير لكل داع إلى السلفية العلمية الوسطية الصحيحة في هذا البلد الطيب،  أصلح الله الأحوال والله المستعان.  

▪️ Atau Abu Fairuz yang bersandar pada Abu Na'im akan unggul dengan menjauhkan orang yang datang dari negeri yang jauh dan mendukung mereka sejak awal yaitu Dzul Hizam ..!

Keadaan ini lebih buruk dari sebelumnya!

Dan sesungguhnya aku mengharapkan kebaikan untuk setiap orang yang berdakwah kepada salafiyah secara ilmiyyah, bersikap pertengahan, dan menyampaikan kebenaran di negeri ini, semoga Allah memperbaiki keadaan.. allohul musta'an..


الهيئة العلمية المختصة للترجمة

➖➖➖➖➖➖➖

📚  Alih bahasa : Bagian keilmuan yang khusus untuk alih bahasa


Link terkait :

http://ahmadbanajah.blogspot.com/2023/03/tanbih-manhaji-perpecahan-di-kalangan-ahlul-kitab.html

http://ahmadbanajah.blogspot.com/2023/04/orang-bijak-adalah-yang-mengambil-pelajaran-dari-orang-lain.html


TRENDING